Membahas Adense dan Bisnis Online

Hal-hal yang Mempengaruhi Pendapatan Adsense

CMA - Hal-hal yang Mempengaruhi Pendapatan Adsense - Google AdSense merupakan salah satu media periklanan PPC gratis, yang sangat populer saat ini. Banyak juga publisher dari Indonesia yang sudah berhasil mendapatkan dollar dalam jumlah yang cukup banyak. Dengan hanya bemodalkan blog gratisan pun kita sudah bisa bergabung menjadi publisher Google AdSense. Tak heran jika sekarang banyak orang memilih menjadi blogger fulltime dan mengandalkan penghasilan dari menjadi  publisher google adsense. Adsense memang metode iklan yang cukup efektif untuk mendapatkan penghasilan dengan hanya mengandalkan sebuah blog.

Hal-hal yang Mempengaruhi Pendapatan Adsense
Untuk bisa mendapatkan penghasilan yang maksimal memang tidak mudah. Setidaknya kita harus kerja keras dan punya trik tersendiri sehingga bisa mendapatkan penghasilan yang diharapkan. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi pendapatan publisher Google AdSense diantaranya sebagai berikut:

1.Jumlah Pengunjung
Pengunjung adalah orang yang membuka blog kita. Pengunjung atau visitor bisa datang dari berbagai sumber mulai dari media sosial, backlink yang kita pasang di kolom komentar blog orang lain, atau pun dari hasil pencarian mensin pencari.  Intinya jumlah visitor sangat mempengaruhi jumlah penghasilan AdSense kita semakin banyak visitor kita maka semakin tinggi kemungkinan pengunjung akan mengklik iklan yang akan berdampak langsung kepada penghasilan kita dari AdSense.

Baca juga: Bermain Aman di Google Adsense

2.Sumber Pengunjung
Untuk mendapatkan pengunjung yang perlu menjadi target kita adalah pengunjung organik atau pengunjung yang berasal dari mesin pencari. Pengunjung jenis ini dikatakan bisa mempengaruhi nilai CPC (cost perclick) dari google adsense. Klik yang dilakukan oleh pengunjung yang datang dari mesin pencari google, memiliki nilai cpc yang lebih tinggi dibandingkan dengan sumber lainnya. Untuk mendapatkan pengunjung oraganik kita perlu memahami seo dan menerapkan seo onpage maupun offpage.

3.Bahasa
Faktor bahasa juga turut menentukan besar kecilnya nilai cpc iklan di blog kita. Jika anda ingin mendapatkan cpc yang tinggi anda harus mengisi blog anda dengan artikel bahasa Inggris. Mengapa bahasa mempengaruhi cpc? alasannya karena artikel dengan bahasa Inggris kemungkinan bisa menjaring pengunjung dari luar negri seperti Amerika, Inggris ,dan negara lainnya. Seperti kita ketahui mata uang asing lebih memiliki nilai yang besar dibandingkan dengan mata uang lokal. Jika dibandingkan dengan iklan yang dipasang dari negara kita Indonesia biaya iklan yang dipasang di negara luar seperti misalnya Amerika memiliki nilai yang lebih tinggi, menyesuaikan dengan mata uang mereka.  Sehingga berpengaruh juga pada nilai klik iklan yang didapatkan. Beberapa informasi menyebutkan jika nilai klik iklan yang berasal dari iklan negara asing adalah $10-$100 perklik fantastis bukan?

4.Niche Blog
Isi artikel sangat mempengaruhi besar kecilnya nilai cpc, pada umumnya iklan adsense yang akan ditampilkan akan menyesuaikan dengan isi artikel keseluruhan. Oleh karenanya kita harus mengetahui niche apa saja yang kira-kira memiliki nilai cpc yang tinggi, walaupun memang menurut beberapa sumber adsense sendiri sangat merahasiakan nilai cpc untuk tiap iklannya. Yang mengetahui nilai cpc secara pasti hanyalah Google dan advestiser atau pemasang iklannya saja. Namun kita bisa mencoba mencari beberapa referensi di internet mengenai niche yang memiliki nilai cpc yang tinggi.

Sebaiknya jika kita memang ingin menekuni adsense kita harus mencari niche yang blog yang memang memiliki nilai cpc tinggi, agar penghasilan kita dari adsense juga tinggi.

5.Lokasi Unit Iklan
Salah satu faktor yang juga mempengaruhi pendapatan adalah lokasi penempatan iklan. Penempatan iklan yang baik akan mempengaruhi jumlah klik yang kita dapat dari iklan adsense yang kita pasang pada blog. Dalam istilah Adsense ini dikenal dengan istilah heat map, yaitu titik-titik tertentu pada blog kita yang baik untuk dipasangi iklan. Umumnya titik tersebut adalah titik yang paling banyak mendapatkan perhatian dari pengunjung blog.

6.Domain Situs
Blog yang menggunakan domain top level domain (TLD) misalnya,(.com .net .co.id dll) biasanya akan mendapatkan nilai cpc yang lebih tinggi, jika dibandingkan dengan blog yang menggunakan domain gratisan seperti blogspot, wordpress dan yang lainnya. Beberapa blogger yang sudah berpengalaman juga telah membuktikan kebenaran hal ini. Oleh karenanya jika kita memang memiliki sedikit modal sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk menggunakan TLD sendiri, sehingga penghasilan adsense kita bisa jadi lebih maksimal.

7.Bounce Rate
Bounce rate atau rasio pentalan adalah ukuran lama tidaknya pengunjung tinggal di blog kita, semakin lama pengunjung berada diblog kita maka nilai bounce rate kita akan semakin turun dan itu berarti baik. Begitu pula sebaliknya. Disinilah tugas kita jika kita ingin bounce rate yang rendah dan menaikkan nilai cpc, caranya dengan menyajikan konten yang menarik, original dan unik sehingga pengunjung akan selalu betah berlama-lama berada di blog kita.

8.Jumlah Unit Iklan dalam satu Halaman

Google mengizinkan kita untuk memesan lebih dari satu unit iklan dalam satu halaman, dengan batas maksimal 3 unit. Karena logikanya begini semakin banyak iklan yang kita pasang akan semakin menigkatkan kemungkinan iklan kita di klik pengunjung. Namun semakin banyak iklan yang kita pasang dalam satu halaman maka nilai cpc untuk setiap iklan pun akan ikut turun. Jika pengunjung blog anda sudah banyak maka anda bisa mulai menurunkan jumlah iklan yang terpasang agar nilai cpcnya tinggi. Selain itu ukuran juga mempengaruhi, sebaiknya memilih ukuran 300 x - - - karena ukuran inilah yang paling diminati para pengiklan. Semakin banyak peminat iklan maka nilai cpcnya pun akan lebih baik.

9.Kata Kunci
Untuk mendapatkan nilai klik yang baik, kita juga harus memperhatikan isi artikel, sebaiknya kita membuat artikel yang panjang, informatif dan berkualitas sehingga dapat menjaring banyak kata kunci. Jika kata kunci banyak maka iklan adsense  akan menyesuaikan dengan kata kunci pada artikel tersebut. Dan semakin beragam iklan yang ditampilkan maka peluang mendapatkan klik pun semakin tinggi.

10.Loading Situs
Loading blog atau situs adalah salah satu hal yang ikut diperhitungkan dalam seo, dengan semakin cepatnya loading suatu situs maka kemungkinan artikel blog tersebut tampil di mesin pencari semakin besar. Bukan hanya akan disukai mesin pencari tetapi blog yang loadingnya cepat juga akan disukai pengunjung. Dengan begitu blog kita akan ramai pengunjung yang akan semakin menambah penghasilan adsense kita.

Semoga artikel Hal-hal yang Mempengaruhi Pendapatan Adsense bisa bermanfaat bagi anda.
Tag : Adsense
0 Komentar untuk "Hal-hal yang Mempengaruhi Pendapatan Adsense"

Mohon untuk Selalu Berkomentar dengan Sopan dan Saling Menghargai

Back To Top