Membahas Adense dan Bisnis Online

Cara Ampuh Memasarkan Produk Melalui Media Sosial

Cara Ampuh Memasarkan Produk Melalui Media Sosial - Apa anda sudah tahu apa itu social media marketing? Mungkin tidak sedikit dari anda yang baru mengenal dan mendengar istilah ini, tetapi bagi anda yang sudah lama menggeluti dunia internet marketing pasti istilah ini sudah tidak asing lagi, Teknik social media marketing bisa diartikan sebagai teknik pemasaran secara online dengan cara memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya yang tengah populer saat ini.

Cara Ampuh Memasarkan Produk Melalui Media Sosial
Bagi kalangan para pebisnis keberadaan media sosial bisa dimanfaatkan untuk melakukan promosi untuk produk yang mereka jual, media sosial dianggap efektif karena memiliki pengguna dari berbagai kalangan masyarakat, dari berbagai tingkat ekonomi, dan memiliki jumlah pengguna yang luar biasa banyak. Media sosial sudah menjadi alat sebagai sarana bertukar informasi secara cepat dibandingkan dengan cara konvensional.

Baca juga: Tips Merintis Usaha Kecil Menengah

Banyak keuntungan yang bisa kita dapat dengan berpromosi menggunakan media sosial, memiliki jumlah pengunjung yang sangat banyak dan juga memungkinkan para penggunanya untuk mampu berinteraksi dan berbagi informasi secara cepat, dalam bentuk yang berbagai macam mulai dalam bentuk status, like, share, sehingga akan menyebarkan informasi secara cepat dari mulut ke mulut.

Sekarang mungkin pertanyaan anda begini. Bagaimana cara memanfaatkan sosial media untuk kegiatan marketing?

Langkah-langkah memasarkan produk secara online
Berikut langkah-langkah yang bisa anda coba lakukan untuk meginplementasikan social media marketing sehingga produk yang anda jual cepat mendapatkan pembeli:

1.Membuat blog atau situs untuk mendukung Bisnis Online anda

Sebelum anda melakukan promosi dengan media sosial, sebaiknya anda buat dahulu sebuah situs atau blog yang bisa menyajikan informasi lengkap mengenai produk yang anda jual. Ini memang bukanlah hal yang wajib dilakukan tetapi ketika anda ingin berjualan secara online maka anda harus mampu menyajikan situs yang menyediakan produk yang anda promosikan.

Situs resmi anda akan menjadi tempat pertama yang dikunjungi oleh pelanggan atau pengunjung situs online anda. Jika mereka ingin mendapatkan informasi tambahan mengenai apa yang anda tawarkan, mereka harus mampu mengunjungi situs yang anda siapkan.

Situs resmi untuk toko online anda bisa menggunakan blog gratisan maupun dengan top level domain (TLD), dengan akhiran .com .net .co.id dll. Sangat direkomendasikan bagi anda untuk membuat situs resmi menggunakan TLD, karena akan lebih terpercaya dan profesional dimata pelanggan.

2.Membuat Page khusus di media sosial
Banyak sekali media sosial yang ada saat ini, dan sebaiknya anda membuat halaman khusus untuk mempromosikan produk di media sosial yang populer seperti, Facebook, Twitter, dan Instagram. Media sosial tersebut merupakan media yang cocok dan potensial untuk mempromosikan produk toko online anda.

Umumnya situ-situs tersebut sudah menyediakan fasilitas untuk membuat halaman khusus misalnya Facebook, yang menyediakan Facebook Fanspage, dan halaman tersebut bisa digunakan layaknya blog untuk menyajikan informasi yang beragam sesuai dengan kehendak pemiliknya, mulai dari perusahaan, pendidikan, produk, artis, komunitas dan masih banyak lagi.

3.Menentukan target

Langkah ketiga adalah mencari target pembeli dan calon pelanggan, anda harus bisa menentukan target pasar dari produk yang anda promosikan, apakah produk untuk pria, wanita, pelajar, atau bahkan untuk penggemar hobi tertentu.

Cara mendapatkan calon pelanggan yang tertarget adalah dengan mulai mencari grup yang ada di facebook yang kemungkinan memiliki minat terhadap produk anda. Mari kita lihat contoh kasusnya dibawah ini:

Misalkan anda bermaksud untuk menjual jarsey bola, jaket bola, dan segala pernak pernik yang berkaitan dengan bola. Dan katakanlah produk anda itu khusus untuk penggemar klub Manchester United.

Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan:

a.Cari grup-grup yang ada di Facebook yang memiliki kemungkinan akan tertarik membeli produk anda misalnya para penggemar klub bola Mancherter United sesuai dengan produk yang anda ingin promosikan.

Masuk kehalaman Facebook anda, kemudian lakukanlah pencarian grup tersebut. Dan anda kemungkinan akan menemukan beberapa grup tapi silahkan pilih yang sudah memiliki anggota cukup banyak dengan anggota yang cukup aktif, dan bergabunglah dengan menggunakan nama Fanspage anda, sampai anda benar benar di izinkan menjadi anggota.

b.Cari teman dari anggota grup tersebut, ajaklah berteman 10-15 orang saja perhari, ini dilakukan untuk menghindari anda dianggap spam oleh Facebook.

c.Anda juga bisa sesekali nge-like komentar dan postingan yang ada pada grup tersebut, ketika anda menglike maka anda akan muncul dinotifikasi orang tersebut dengan nama fanspage anda, dan kemungkinan mereka juga akan nge-like fanspage anda.

Tidak perlu khawatir anda bisa nge-like status atau komentar pada grup tersebut sebanyak banyaknya ke orang yang kira-kira berpotensi untuk membeli produk kita.

d.Lakukanlah langkah diatas sampai fanspage anda mendapatkan banyak like. Dengan begitu maka anda sudah secara tidak langsung memiliki calon pembeli untuk produk yang anda promosikan, dan kemungkinan calon pembeli tersebut akan menjadi pelanggan anda.

4.Strategi Penjualan yang tepat
Anggaplah anda sekarang sudah memiliki banyak like di fanpage facebook, dan banyak follower di Twitter. Langkah selanjutnya yang anda harus lakukan adalah menyampaikan pesan promosi kepada setiap penggemar halaman fans page anda.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, bisa dengan menggunakan cara anda sendiri, tetapi juga bisa menggunakan cara khusus.

Dua kategori yang biasanya dilakukan dalam melakukan penjualan secara online, yang pertama adalah soft selling atau cara halus, dan yang kedua adalah kebalikannya yaitu hard selling atau menjual secara langsung. Perbedaan kedua metode itu hanya pada penyampaian pesannya saja, yaitu sebagai berikut:

a.Hard Selling
Adalah strategi pemasaran yang berupa penyampaian pesan yang sifatnya rasional/informasional. Pesan ini bertujuan untuk menyentuh pikiran dan menciptakan respons yg didasarkan pada hal yang sifatnya logis. Tujuan dari hard selling adalah menciptakan penjualan.  Dalam praktik, hard selling ini direpresentasikan dalam bentuk  penjualan langsung (direct selling) dan penjualan promosi ( sales promotion)

Hard selling benar-benar menyampaikan pesan penjualan secara langsung tanpa bertele-tele dan targetnya adalah untuk menciptakan penjualan, misal contoh bentuk hard selling:

"Jual Smartphone dengan (spesifikasi) berminat hub. xxx.xxx.xxx diskon 99%, hanya untuk 10 pembeli perama"

b. Soft Selling
Sedangkan soft selling adalah strategi penjualan dengan menggunakan metode penyampaian pesan penjualan yang sifatnya emosional, dapat mempengaruhi pelanggan secara emosional, strategi ini berupaya menciptakan respon yang didasarkan pada perilaku, mood, impian, perasaan dan daya tarik emosional. Soft-selling tidak langsung berdampak pada penjualan, namun pada akhirnya bisa menciptakan penjualan.

Pesan soft selling selalu di awali dengan hal-hal yang dapat memancing calon pelanggan secara emosional, contoh strategi soft selling yang paling sering kita jumpai adalah iklan di televisi, banyak diantaranya iklan di televisi yang hanya memperkenalkan produknya tetapi tidak langsung menggunakan pesan penjualan.

Ketika ada iklan shampo ditelevisi misalnya, konten iklan tidak langsung menyampaikan pesan penjualan namun lebih ke pesan emosional seperti  efek setelah memakai samphoo tersebut, atau iklan elektronik misalnya tidak langsung menyampaikan pesan penjualan secara langsung namun lebih memperkenalkan efek positif penggunaan alat elektronik tersebut, apa keuntungannya setelah menggunakan alat elektronik tersebut.

Apa Strategi Yang paling cocok untuk Memasarkan produk melalui media sosial?
Untuk promosi dimedia social strategi yang mana yang paling cocok?, tentu saja strategi yang cocok adalah strategi soft selling, sebelum anda menjual produk, anda bisa mengawali penjualan anda dengan membuat beberapa status-status secara bertahap yang sifatnya bisa mempengaruhi calon pelanggan secara emosional, seperti halnya iklan di tv,

Seperti misal jika anda ingin menjual buku dengan judul  "diet sehat dalam 30 hari", maka anda bisa mengawali penjualan anda dengan membuat pesan-pesan berupa status di media sosial yang sifatnya mendidik misalkan, " bahaya kelebihan berat badan untuk kesehatan", "mengenalkan makanan-makanan sehat untuk diet dll" setelah pesan-pesan secara emosional anda buat berikutnya anda bisa langsung membuat pesan penjualan dengan melibatkan pesan call to action (adanya pemberitahuan diskon, atau keuntungan lainnya yang anda tawarkan sehingga mereka merasa terpancing untuk membeli), misal:

"Ini buku yang pantas buat diet sehat anda" diskon 10% untuk 5 pembeli utama" hubungi xxx.xxx atau klik disini untuk informasi lebih lengkap".

dengan strategi penyampaian pesan diatas berarti anda secara tidak langsung menggunakan strategi soft selling untuk penjualan online anda.

Strategi marketing melalui media sosial memang tergolong mudah untuk dilakukan, karena sifatnya gratis dan bisa menjangkau banyak orang. Anda juga bisa menerapkan teknik ini untuk menjual produk yang anda ingin promosikan, dan cara ini terbialang ampuh untuk mendapatkan pembeli.

***
0 Komentar untuk "Cara Ampuh Memasarkan Produk Melalui Media Sosial"

Mohon untuk Selalu Berkomentar dengan Sopan dan Saling Menghargai

Back To Top