Membahas Adense dan Bisnis Online

Hal-hal yang Wajib di Pelajari Pebisnis Online Pemula

Hal-hal yang Wajib di Pelajari Pebisnis Online Pemula - Membahas soal bisnis pasti tidak akan lepas dari yang namanya laba atau keuntungan. Bagaimana cara kita mendapatkan keuntungan atau laba dengan cara menjual atau melalui jasa sehingga bisa menghasilkan pendapatan.

Bisnis online merupakan bisnis yang diprediksi akan terus bertahan, bisnis online juga merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Bahan saat ini hampir semua bisnis offline didukung dengan bisnis online. Hal ini karena mereka menganggap bisnis online bisa memberikan  keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan bisnis offline. Jika hanya mengandalkan bisnis offline pelanggan kita akan terbatas, sebaliknya, bisnis online bisa menjangkau konsumen secara luas.

Namun memiliki kelemahan, karena akan selalu dibayangi oleh persaingan ketat.

Hal-hal yang Wajib di Pelajari Pebisnis Online Pemula
Untuk menjadi pemenang di bisnis online kita memerlukan strategi khusus, dan menguasai teorinya. Untuk menang dalam persaingan tentu anda membutuhkan promosi yang tepat baik gratis maupun berbayar.

Baca juga: Tips sukses UKM

Bagi seorang pebisnis online yang sudah lama malang melintang menggeluti bisnis ini, persaingan seketat apapun pasti akan mereka bisa pecahkan karena mereka sudah memiliki banyak pengalaman dan tahu celah-celah yang bisa mereka manfaatkan untuk memenangkan persaingan.

Dan ceritanya akan berbeda bagi pemula, Untuk bisa memenangkan persaingan mungkin akan sulit karena tidak dibekali dengan basic kuat mengenai segala hal yang berkaitan degan bisnis online.

Cara mendapatkan uang dari internet dengan bisnis online memang sedang banyak diminati. Tapi untuk menggeluti bisnis ini banyak hal yang harus dipelajari, tergantung dari bisnis online seperti apa yang ingin kita pelajari. Dari beberapa hal yang harus dipelajari, ada beberapa hal wajib untuk dipelajari jika ingin menekuni bisnis online, yang sebagai berikut:

1.Pelajari Hal yang berkaitan dengan dunia web

Dimulai dari mempelajari blog atau web. Karena segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis online pastikan melibatkan halaman situs atau web, dan cara mudah dan gratis untuk membuat situs sendiri adalah dengan membuat blog, atau mendaftar ke situs market place gratis untuk memasarkan produk kita. Tak terkecuali blog  anda bisa manfaatkan sebagai media promosi, blog bisa anda jadikan untuk membuat review atau bahkan menjual produk anda secara langsung. Hanya dengan bermodalkan beberapa artikel blog anda sudah bisa anda jadikan salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa harus menjual produk apapun.

Agar bisa memulai bisnis online secara mandiri anda bukan hanya harus tahu bagaimana cara membuat blog tetapi lebih dari itu anda juga, harus mempelajari segala hal yang ada kaitannya dengan blog. Mulai dengan bagaimana cara membuat blog, kemudian cara mendesain blog dan hal lainnya seputar blogging. Ini berguna untuk meminimalkan modal bisnis online anda.

Jika anda memiliki modal anda bisa menyuruh orang lain untuk melakukan hal-hal diatas, tetapi anda akan selalu membutuhkan biaya agar bisnis anda tetap berjalan, karena kita akan membutuhkan jasa mereka secara terus menerus untuk mengelola blog kita agar tetap bertahan.

2.Pelajari Cara Menghasilkan Uang dari Internet
Banyak sekali cara yang bisa kita gunakan agar blog atau situs kita bisa menghasilkan uang, jika anda tertarik anda bisa mempelajari beberapa teknik monetisasi tersebut, beberapa diantaranya yang bisa anda pilih sebagai berikut:

a.Jadi Publisher iklan
Menjadi publsher iklan adalah, anda sebagai pemilik blog atau situs bergabung dengan media periklanan atau dengan situs-situs yang mengelola iklan para pengiklan atau advertiser untuk ikut mempromosikan dan mempublikasikan iklan mereka. Dan anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan aturan main periklanan tersebut. Ada beberapa metode periklanan diantaranya adalah PPC atau pay perclick yang artinya anda akan mendapatkan bayaran ketika anda yang mengklik iklan yang anda pasang di blog anda, dan ada juga PPM (pay per mile) yang artinya anda akan mendapatkan bayaran ketika iklan yang dipasang berhasil dilihat sebanyak seribu kali, dan harga komisi iklan akan disesuaikan dengan harga iklan juga masih banyak lagi metode bagi hasil yang mereka gunakan. Adapun beberapa media periklanan yang sudah terkenal sebagai berikut:
  • Google adsense (sangat direkomendasikan)
  • Chitika
  • Advertiser
  • dll
Untuk bergabung menjadi publisher iklan biasanya tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Namun, syarat utamanya adalah anda harus memiliki situs atau minimal blog pribadi yang memiliki cukup pengunjung, besar kecilnya penghasilan anda akan selalu berbanding lurus dengan jumlah kunjungan ke blog anda. Semakin banyak pengunjung maka semakin tinggi penghasilan anda.

b.Menjadi affiliate marketer
affilite marketer adalah program affiliasi marketing, dalam program ini kita menjual barang orang lain, dan anda akan mendapatkan komisi jika produk yang anda promosikan terjual. Affiliate marketer jika dalam dunia jual beli offline dikenal dengan nama makelar.

banyak sekali situs-situs yang menawarkan program, kerja sama kepada anda untuk ikut menjadi affilite marketer mereka misalnya Amozon dan untuk yang lokal ada juga Lazada. Syaratnya anda memiliki situs dan jika anda sudah berhasil diterima maka anda akan diberikan link referal ke situs utama, anda bisa mengisi blog anda dengan artikel review produk yang anda jual dari situs atau blog utama anda dengan menyertakan link ke situs utama (misalnya Amazon), gunakan teknik menjual sehingga jika ada pengunjung yang tertarik dengan produk yang anda review mereka akan membeli langsung melalui link yang ada di blog anda, agar anda mendapatkan komisi sesuai dengan ketentuan situ affilite yang anda ikuti.

c.Pasang space iklan mandiri
cara yang juga cukup baik yang bisa anda gunakan, adalah dengan membuka space iklan mandiri khusus di halaman blog anda yang bisa anda tawarkan kepada calon pengiklan atau pengunjung, dan pengunjung adalah faktor utamanya karena jika pengunjung anda banyak maka akan banyak advertiser yang tertarik untuk pasang iklan di blog anda, karena mereka yakin jika iklan mereka dipasang di blog yang ramai pengunjung maka hasilnya akan baik.

d.Jualan produk sendiri
Anda bisa menjual produk anda pribadi melalui blog atau melalui market place seperti Bukalapak.

Sebenarnya anda masih banyak lagi cara yang bisa anda lakukan untuk menghasilkan uang dari blog, namun beberapa cara diatas bisa anda coba sebagai alternatif.

3.Belajar teknik promosi online dan offline
Promosi adalah faktor utama penentu kesuksesan sebuah bisnis, jika promosi dilakukan dengan tepat dan baik maka peluang kesuksesan pun akan semakin besar. Jika tidak maka bisnis anda tidak akan mampu bertahan. Bisa saja penyebabnya adalah persaingan, apalagi bisnis online yang kini semakin diminati banyak orang dan anda pun akan mendapatkan banyak saingan.

Ada berbagai macam cara yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan bisnis online anda, bisa melalui online maupun offline, tapi intinya bagaimana membuat orang tahu dengan apa yang kita jual, baik jasa maupun barang. Media sosial adalah salah satu media yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan promosi secara online seperti, Facebook, Twitter, Instagram, BBM, dll.

Teknik promosi ini gratis, tapi jika anda mempunyai modal lebih anda juga bisa menggunakan promosi berbayar dari media sosial, tentunya layanan berbayar hasilnya akan lebih efektif namun membutuhkan modal yang lumayan banyak.

4.Belajar Seo(search engine optimizition)
Seo membuat artikel yang kita buat menjadi lebih mudah ditemukan dalam posisi terbaik di mesin pencari seperti, Google, Yahoo, Bing, dll. Tujuan utamanya ialah untuk menjaring pengunjung sebanyak banyaknya, sekedar informasi untuk anda bahwa 98% pengunjung yang datang ke blog anda adalah bersumber dari mesin pencari, dan  kita baru bisa memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya apabila kita menguasai seo.

Seo merupakan metode promosi secara tidak langsung dengan memanfaatkan mesin pencari, jika anda sudah bisa menerapkan teknik ini berarti anda sudah bisa memanfaatkan promosi melalui mesin pencari secara gratis. Namun, anda juga bisa menggunakan jasa berbayar yaitu dengan menyewa jasa profesional yang terpercaya untuk memaksimalkan seo pada blog anda, tentunya jika ingin yang berbayar anda harus menggunakan biaya tambahan yang cukup sebagai modal. Seo merupakan salah satu cara yang paling efektif yang bisa menentukan kesuksesan bisnis online anda.

Demikianlah, Hal-hal yang Wajib di Pelajari Pebisnis Online Pemula. Apapun bisnis yang anda jalankan semangat pantang menyerah dan kerja keras adalah modal utama yang harus anda miliki, dan jika itu anda miliki tantangan sesulit apapun pasti akan bisa anda hadapi. Hingga pada akhirnya kesuksesan pun bisa anda raih. Semoga Bermanfaat...
0 Komentar untuk "Hal-hal yang Wajib di Pelajari Pebisnis Online Pemula"

Mohon untuk Selalu Berkomentar dengan Sopan dan Saling Menghargai

Back To Top