Membahas Adense dan Bisnis Online

Cara Tepat Promosikan Toko Online

Cara Tepat Promosikan Toko Online - Toko online merupakan toko virtual yang bisa anda manfaatkan untuk mempermudah transaksi jual beli antara konsumen sebagai pembeli dan toko online sebagai penjual. Sehingga transaksi bisa dilakukan dengan mudah tanpa ada batasan ruang dan waktu, kapanpun dimanapun anda berada aktivitas jual beli tetap bisa dilakukan, selama anda mendapat akses internet tentunya.
Cara Tepat Promosikan Toko Online
Toko online memang berbeda dari toko offline atau toko konvensional yang biasa kita temukan. Dimana toko online memiliki keunggulan dari segi pelanggan, karena toko online memiliki kemungkinan untuk mendapatkan konsumen dari luar negri sehingga peluang suksesnya pun lebih besar.

Baca juga: Kunci Sukses Berbisnis Online

Kemudahan itu memang berbanding lurus dengan kendala yang juga dimiliki toko online. Salah satu kendala terberatnya adalah pesaing, dan kepercayaan konsumen. Persaingan toko online akan lebih sengit karena mudah diakses secara global maka artinya level pesaingnya pun skala global.

Teknik Promosi

Promosi dengan cara yang tepat bisa menjadi cara untuk memenangkan persaingan, selain itu pelayanan yang memuaskan untuk konsumen juga bisa menigkatkan kepercayaan konsumen. semakin baik promosi dan semakin puas pelanggan dengan pelayanan kita maka sebuah toko online akan mampu bertahan bahkan terus berkembang menjadi toko online dengan level yang lebih tinggi.

Anda bisa melakukan beberapa teknik promosi yang terbukti ampuh, yang diantaranya sebagai berikut:

1.Promosi Ke Teman-Teman Anda
Ini merupakan salah satu cara yang ampuh mendatangkan pengunjung ke toko online anda yaitu dengan berpromosi ke teman-teman anda, bisa menggunakan pesan elektronik atau promosi langsung dari mulut ke mulut. Sesuaikan dengan produk yang anda jual, jika produk yang anda jual adalah produk yang bisa dipakai wanita, maka promosikanlah ke teman-teman wanita anda. Dan jika target anda adalah dunia pendidikan, maka anda bisa mempromosikannya ke pendidik ataupun para siswa. Intinya sesuaikan dengan target anda.

2.Menggunakan Brosur
Cara promosi yang kedua adalah dengan mengguankan brosur, anda bisa menyebarkan selebaran anda di tempat-tempat ramai seperti mall dan jalan raya. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan lokasi dengan target produk yang anda jual sehingga, kemungkinan mereka tertarik dan membeli produk anda menjadi semakin besar.

Jika anda juga memiliki toko offline gunakan sebagai kesempatan, misalkan, setiap ada pembeli berikan pula mereka brosur promosi toko online anda yang berisi alamat toko online maupun offline anda yang disertai foto koleksi produk-produk yang anda jual.

Untuk ukuran brosur anda bisa membuatnya dengan ukuran yang tidak terlalu besar, cukup setengah ukuran daru kertas ukuran A4 atau sejenisnya dengan desain yang menarik agar menarik perhatian konsumen. Cara ini terbukti ampuh dan sudah digunakan oleh beberapa pelaku bisnis online.

3.Memanfaatkan Media Sosial
Seperti kita ketahui sekarang ini media sosial seperti Facebook, Twitter dan yang lainnya, sedang digandrungi dan menjadi tren dan semakin banyak digunakan oleh berbagai macam kalangan. Ketenaran media sosial bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan toko online anda. Jika anda memiliki uang lebih anda juga bisa menggunakan layanan promosi berbayar di media sosial, agar target yang dicapai bisa lebih memuaskan. Tetapi anda juga bisa menggunakan cara-cara sederhana dan gratis sebagai berikut:

a.Fanspage
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuat Fanspage khusus untuk toko online anda. Nantinya Fanspage ini anda isi dengan informasi mengenai produk-produk yang anda jual.

b.Cari Teman Tertarget

Sekarang saatnya anda mencari teman di media sosial baik Facebook atau Twitter sebanyak mungkin yang memiliki kemungkinan untuk membeli produk-produk yang anda jual, misal anda menjual produk kaos bola tertentu maka anda bisa mencari teman digrup penggemar klub tertentu sesuai dengan produk yang anda jual. Dan orang-orang yang menyukai grup tersebutlah yang bisa anda jadikan target  untuk dijadikan teman.

Penting:
Jangan terlalu banyak add teman dalam satu hari baik di facebook ataupun twitter, maksimal adalah 15 orang saja per hari. Ini untuk menghindari akun anda dianggap spam dan beresiko terkena blokir dari media sosial.

c.Sering Update Status
Update status yang dimaksud adalah update status mengenai produk yang anda jual. Atur waktu posting status mulai pagi, siang, sore. Selanjutnya, gunakan halaman fanspage yang sudah anda buat sebelumnya, anda juga bisa menyertakan foto atau video pada setiap postingan anda di media sosial agar lebih menarik. Update status yang anda lakukan akan sampai keteman-teman anda yang memiliki ketertarikan terhadap produk yang anda jual. Sehingga semakin sering anda update status maka teman-teman anda pun akan semakin sering mendapatkan informasi mengenai produk yang anda jual.

Seiring dengan semakin banyaknya teman anda di media sosial yang sesuai dengan target pasar toko online yang anda miliki, maka postingan anda akan mulai mendapatkan like, share, juga komentar yang akan membuat edgerank anda semakin tinggi. Dan bukan tidak mungkin anda pun akan segera mendapatkan pembeli.

4.Menggunakan Situs Market Place

Sekarang sudah banyak sekali situs market place yang bisa anda gunakan untuk memaksimalkan promosi toko online anda.
Market place bisa meningkatkan kunjungan ke situ anda dan juga meningkatkan transaksi online anda.

Beberapa market bisa anda coba untuk mempromosikan toko online anda adalah sebagai berikut:

a.Forum Jual Beli (FJB) kaskus, forum ini memang dikhususkan untuk jual beli, sehingga anda bisa mempromosikan barang yang anda jual disana.

b.BukaLapak, Tokopedia, dll. bisa anda gunakan untuk menjual produk dan promosi disana.

c.Olx.co.id tadinya adalah tokobagus.com yang kini telah berganti nama. cukup efektif untuk anda gunakan untuk mempromosikan barang jualan anda, ketika sudah terjadi komunikasi dengan pembeli maka anda bisa menginformasikan lokasi toko offline anda.

5.Menggunakan Blog Gratisan

Anda bisa memanfaatkan blog gratisan untuk melakukan promosi. Anda bisa membuat blog yang secara khusus membahas produk-produk yang anda jual. Blog ini hanya untuk review produk yang anda jual serta memberikan informasi detail mengenai produk yang anda jual.

Silahkan anda buat blog untuk mereview produk apa saja sesuai dengan target anda, jangan lupa juga untuk menyertakan link menuju toko online anda, peran blog hanya membantu mempromosikan produk kepada pembeli dan menghubungkannya dengan situs utama.

Pengunjung yang datang ke blog pormosi anda, bisa datang dari mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dll.

Teknik yang harus ikut dilibatkan agar blog promosi anda mendapatkan pengunjung adalah sebagai berikut:

1.Seo (search engnine opimization)
kesimpulan sederhana dari seo adalah, segala upaya yang kita lakukan agar blog kita mudah ditemukan di mesin pencari.

2.Rutin posting artikel tentang produk yang anda jual

Misalnya anda menjual produk elektronik hp, maka anda bisa membuat artikel mengenai review produk hp terbaru, daftar harga hp murah, hp terbaik dan sebgainya yang memiliki hubungan dengan target produk yang anda jual.

Untuk menjadikan toko online anda menjadi toko online yang besar dan sukses, bukan hanya promosi semata yang bisa anda lakukan. Selain promosi kualitas pelayanan anda terhadap pelanggan juga harus ditingkatkan. Tingkatkanlah kepercayaan pelanggan terhadap anda dengan memberikan pelayanan sebaik-baiknya. Penggunaan top level domain seperti .co.id juga bisa menambah kepercayaan konsumen terhadap toko online kita.

Demikianlah artikel Cara Tepat Promosikan Toko Online yang bisa kami sampaikan semoga artikel ini bisa bermanfaat...
0 Komentar untuk "Cara Tepat Promosikan Toko Online"

Mohon untuk Selalu Berkomentar dengan Sopan dan Saling Menghargai

Back To Top