Membahas Adense dan Bisnis Online

Tips Sukses Merintis UKM

Tips Sukses Merintis UKM - Setiap orang memiliki karakter yang berbeda jika ada orang yang nyaman dengan menjadi karyawan dan bekerja untuk orang lain, maka ada pula yang sebaliknya ada orang yang merasa tidak nyaman menjadi karyawan.
Tips Sukses Merintis UKM
Memiliki usaha sendiri menjadi lebih menyenangkan karena bisa terus dekat dengan keluarga, tidak ditekan oleh atasan dan dikejar target perusahaan. Namun untuk memulai merintis usaha sendri yang dirintis dari nol bukanlah hal yang mudah dijalankan, diperlukan strategi, belajar dari pengalaman, dan semangat kerja keras yang pantang menyerah, hingga akhirnya usaha yang kita rintis bisa memenuhi kebutuhan hidup yang lebih dari cukup.

Baca juga: Belajar Media Social Merketing

Semua orang bisa menjadi pengusaha, bahkan tidak sedikit dari mereka yang tidak memiliki latar belakang pendidikan terlalu tinggi, tetapi usaha yang mereka jalankan bisa sukses, kalau mereka bisa anda pasti lebih bisa.

Jika anda ingin mulai merintis perusahaan, berikut beberapa tips yang akan coba saya berikan kepada anda untuk merintis bisnis dari awal yang bisa anda coba lakukan:

1.Temukan Ide
Ide merupakan langkah awal untuk memulai bisnis, oleh karena itu tentukan ide apa yang akan anda lakukan untuk memulai bisnis anda.

Dimulai dengan ide yang sederhana, karena ide yang sederhana mudah untuk dijalankan, tapi anda jangan memiliki pikiran negatif tentang ide sederhana anda karena walau pun sederhana ide itu juga bisa menjadi besar. Jangan pula menganggap ide sederhana itu tidak akan berhasil, karena ide sederhana anda sudah lebih dulu dipikirkan orang lain atau bahkan mereka sudah lebih dulu menjalankannya. Jika memang sudah seperti itu anda tinggal mencari apa kelemahan yang mereka miliki dalam mengeksekusi ide tersebut, dan anda sempurnakan agar lebih baik dari yang sudah ada.

Anda juga bisa melihat para pengusaha sukses yang mengawali bisnis mereka dengan ide sederhana. Misalnya air mineral kemasan, yang mungkin pada awalnya tidak ada orang yang berfikir untuk menjadikannya bisnis, tetapi sekarang sudah terbukti sukses dan banyak pelaku bisnis lainnya yang mulai menjalankan bisnis serupa.

Ide bisa muncul kapan saja secara tiba-tiba, namun untuk mendapatkan ide bisnis yang tepat anda bisa melihat di lingkungan sekitar anda, jika anda memang memiliki tekad bisnis yang kuat maka ide-ide kreatif akan datang dengan sendirinya untuk mendapatkan ide bisnis yang cocok.

Apapun ide bisnis yang anda dapatkan usahakan agar bisa anda lakukan sendiri dan yang anda bisa. Atau anda juga bisa mengambil ide bisnis baru sambil mempelajarinya.

2.Visi dan Misi yang Jelas

Visi misi sebaiknya anda pikirkan untuk bisnis anda, agar usaha yang anda jalankan lebih terarah dan lebih terstruktur sehingga memiliki target yang jelas untuk jangka panjang.

3.Jangan Gengsi,  Miliki Tekad yang Kuat

Setelah anda menemukan ide dan menentukan visi misi, apapun bisnis yang dijalankan baik itu usaha rumahan dengan skala kecil maupun menengah, yang harus anda tanamkan dalam diri anda adalah jangan gengsi atau merasa malu untuk menjalankan bisnis anda.

Malu dan perasaan gengsi hanya akan menghambat kemajuan anda, sehingga ide-ide yang anda punya hanya akan menjadi ide yang tidak pernah dijalankan, hal ini bisa terjadi karena anda memang baru pertama kali menjalankannya dalam hidup anda, tetapi jika anda memiliki tekad yang kuat maka apapun bisnis yang akan anda jalankan baik kecil maupun besar pasti akan anda coba.

4.Lakukan
Lakukan, adalah poin terpenting dalam memulai bisnis anda, jika anda sudah menemukan ide. Tanpa anda pernah melakukannya ide bisnis yang anda sudah buat tidak akan pernah berjalan, dan anda tidak akan tahu apakah ide itu akan berhasil atau tidak, jika anda sudah mendapatkan ide yang cocok untuk anda, segeralah mulai bisnis anda, jangan pernah menunda-nunda dengan alasan menunggu waktu yang tepat, manfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan memulainya dari sekarang, dan jangan pernah takut untuk gagal karena kegagalan bisa anda jadikan pengalaman yang akan menjadi guru terbaik bagi anda.

5.Mencari Pelanggan Sebanyak-banyaknya

Belum mempunyai pelanggan adalah hal yang sering dialami oleh bisnis baru, anda harus berusaha mendapatkan pelanggan, teruslah belajar bagaimana cara mendapatkan pelanggan untuk bisnis anda, terkadang untuk mengawali bisnis anda, anda harus mengawalinya dengan menawarkan langsung dari pintu ke pintu, dan jika anda sudah menguasai teknik ini bisnis anda pun akan terus berkembang.

6.Jangan Putus asa, Belajarlah dari Kegagalan
setiap bisnis besar pasti berawal dari bisnis kecil, dan seiring dengan berjalannya waktu akan ada pasang surut, kadang untung, tetapi tak jarang juga malah rugi, dan itu memang risiko berbisnis, apalagi anda masih pemula dan masih perlu banyak belajar agar bisnis bisa berjalan lancar, pasang surut bisa saja dialami oleh bisnis yang dirintis dari nol, jika anda bisa tahan banting dan tak mudah menyerah anda akan bisa melewati apapun tantangannya.

Oleh karena itu anda harus tetap semangat dan tidak mudah putus asa jika sesekali rintangan atau pun kegagalan menemui anda ditengah perjalanan bisnis anda. Jangan ragu untuk bangkit kembali jika bisnis anda gagal karena kegagalan bukan untuk menghentikan anda tetapi menjadikan anda lebih baik.

Demikianlah, artikel Tips Sukses Merintis UKM semoga bisa memberikan anda motivasi dan inspirasi untuk anda para calon pengusaha sukses. Sampai jumpa di artikel berikutnya.
0 Komentar untuk "Tips Sukses Merintis UKM"

Mohon untuk Selalu Berkomentar dengan Sopan dan Saling Menghargai

Back To Top