Membahas Adense dan Bisnis Online

Memahami Kunci Sukses Bisnis Online

Memahami Kunci Sukses Bisnis Online - Teknologi yang sudah berkembang pesat seperti saat ini, ternyata telah membuat mudah banyak hal, tak terkecuali untuk berbisnis. Bisnis online adalah salah satu contohnya, kini bisnis ini sudah semakin menjamur dan diminati banyak orang. Banyak jenis bisnis online yang bisa kita tekuni mulai dari menjadi publisher iklan sampai dengan membuat toko online kita sendiri. Dari yang membutuhkan modal besar sampai yang hampir tanpa modal. Apapun bisnis yang kita jalankan kita tentu harus tahu kuncinya apalagi bisnis online, jika kita tidak menguasai kuncinya maka bisnis yang kita jalankan akan sulit berkembang, karena bisnis online memiliki saingan yang ketat.

Memahami Kunci Sukses Bisnis Online
Mungkin anda juga sudah mengetahui fenomena bisnis online hampir setiap akun media sosial pasti ada saja orang yang menawarkan sesuatu mulai, dari yang memang benar-benar jualan sampai penipu yang mencari korban.

Baca juga: Wajib dipelajari Pebisnis Online Pemula

Dari banyaknya kasus penipuan di dalam dunia bisnis online, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kita yang ingin memulai bisnis ini untuk membuat toko online yang terpercaya dan juga dipercaya oleh konsumen. Sehingga bisnis toko online anda akan direferensikan oleh para konsumen dan menjadi bisnis online yang baik juga terpercaya.

Kunci Sukses bisnis Toko Online Bagi Pemula

Berikut beberapa kunci yang bisa anda gunakan untuk mulai membangun bisnis toko online anda, agar bisa bersaing dan menjadi toko online besar yang dapat dipercaya. Dan pada akhirnya akan mengantarkan anda pada kesuksesan membangun bisnis online.

1.Kualitas Produk
Usahakan untuk selalu menyajikan produk yang berkualitas, yang sesuai dengan review produk yang anda sajikan pada halaman toko online anda. Jangan sampai konsumen merasa tertipu, apalagi anda memang sengaja menipu. Tidak sedikit para pedagang online yang "nakal" menyajikan review dengan barang kualitas "A" tapi barang yang mereka jual dengan kualitas "B", dan pada akhirnya konsumen kecewa ketika telah menerima barang yang tidak sesuai dengan kualitas yang mereka lihat pada toko online anda. Jika sekali saja anda melakukan hal itu maka perlahan tapi pasti reputasi toko online anda akan mulai menurun.

Karena ingat, jaman sekarang informasi sudah sangat mudah disebarkan, ketika konsumen kecewa terus mereka ngoceh-ngoceh di dunia maya tentang apa yang mereka alami ketika kecewa membeli barang dari toko anda, maka tamatlah reputasi toko anda.

Oleh karena itu sebaiknya sesuaikan produk dengan review yang anda tampilkan di toko online anda. Jika produk itu memiliki kelemahan maka anda bisa sebutkan kelemahan produknya atau anda bisa membandingkan dengan produk lain yang lebih baik dari produk tersebut, sehingga konsumen bisa mempertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut.

2.Kualitas pelayanan
Berikan pelayanan yang memuaskan agar bisa menjadi nilai plus untuk toko anda, kualitas pelayanan adalah salah satu faktor yang bisa memuaskan konsumen anda. Semakin pelanggan anda puas maka mereka akan semakin percaya dengan toko online anda, dan toko anda akan semakin mendapatkan nilai baik dari pelanggan. Peluang untuk toko anda dikunjungi lagi dan lagi menjadi sangat terbuka. Bahkan akan semakin terkenal karena bukan tidak mungkin mereka yang puas berbelanja di toko anda akan merekomendasikannya kepada teman-teman mereka.

Kualitas pelayanan yang baik bisa anda lakukan dengan memberikan respon yang cepat ketika konsumen membutuhkan informasi tambahan. Anda bisa sediakan customer service di halaman toko online dan meletakkan Nomor Telepon, PIN BB, juga E-mail, sehingga konsumen bisa dengan mudah menghubungi anda untuk keperluan berbagai hal,  dan jangan lupa berikan respon yang cepat dan profesional.

Selain respon anda juga harus memperhatikan jeda waktu antara pemesanan dan kapan barang diterima konsumen, jangan sampai terjadi telat pengiriman dari waktu yang telah dijanjikan. Karena banyak sekali testimoni kekecewaan yang disampaikan konsumen diberbagai toko online adalah masalah keterlambatan pengiriman barang.

Oleh karena itu, jika anda sudah mendapatkan pembeli usahakan untuk sesegera mungkin untuk melakukan pengiriman, jangan sampai barang sampai di tangan pembeli melebihi waktu yang sudah disepakati, yang memang tidak selalu mulus dan terkadang ada saja hal yang membuat pengiriman barang terlambat, dan jika hal itu terjadi segera informasikan ke pelanggan anda agar pelanggan anda tidak khawatir.

Sebaiknya anda juga menginformasikan berapa lama proses pengiriman pada toko online anda, agar para konsumen mengerti dan bisa memahami peraturan yang ada buat.

3.Sertakan Gambar

Jangan lupa untuk menyertakan gambar, karena gambar bisa mewakili secara visual mengenai produk yang anda tawarkan di toko online anda. Biasanya juga pembeli lebih menyukai informasi lengkap secara visual dari produk yang hendak mereka beli, peluang produk tersebut terjual akan lebih tinggi jika disertai gambar.

Usahakan untuk sajikan gambar dengan kualitas yang baik dan jernih, agar konsumen bisa melihat detail dari produk yang anda jual. Anda bisa melakukan pemotretan produk anda dengan kamera khusus atau juga dengan menggunakan kamera handphone anda yang penting kualitasnya jernih.

Sebaiknya juga sediakan lebih dari satu gambar, bisa dengan memotret bagian depan, belakang, sisi kiri, sisi kanan, atau bagian dalam, intinya supaya konsumen lebih mudah melihat detail dari produk yang anda jual.

4.Situs Top Level Domain Dengan Loading Ringan
Situs dengan top level domain adalah situs yang menggunakan domain (.com, .co.id, .net dll). situs yang menggunakan top level domain lebih terlihat profesional tapi, untuk memilikinya anda perlu mengeluarkan sedikit biaya untuk menyewa nama domain, jika anda menggunakan situs gratisan dengan domain .blogspot atau .wordpress akan mengurangi kepercayaan konsumen terhadap toko online anda, sebenarnya boleh-boleh saja anda menggunakan domain gratisan namun hal ini bisa mengurangi kepercayaan konsumen sehingga mereka ragu untuk membeli barang dari anda.

Sebaiknya sebelum anda mulai berjualan secara online anda persiapkan dahulu situs dengan top level domain, dan bukan hanya itu kecepatan loading situs anda juga menjadi hal yang harus anda perhatikan. Jika situs anda berat maka bisa jadi pengunjung sudah meninggalkan toko anda sebelum seluruh halaman berhasil dimuat, apalagi jika toko masing tergolong pendatang baru.

5.Promosi

Setelah segala persiapan yang berkaitan dengan situs toko online telah selesai dilakukan, maka sekarang adalah saatnya melakukan promosi, baik secara online maupun secara offline. Karena toko online berbeda dari toko offline, karena persaingan toko online sangat ketat sehingga jika anda kurang dalam melakukan promosi maka bisa dipastikan toko anda akan kalah bersaing dengan mereka yang gencar melakukan promosi. Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan toko online anda adalah sebagai berikut:

a.Menggunakan Media Sosial
anda bisa melakukan promosi dengan memanfaatkan media sosial baik secara gratis maupun berbayar seperti, Facebook, Twitter, Instagram, BBM, dan media sosial lainnya.

b.Grup di Media Sosial

Kepopuleran media sosial masih bertahan sampai saat ini, dan ini tidak boleh kita sia-siakan untuk memanfaatkannya sebaik mungkin, anda bisa bergabung dengan grup-grup di media sosial yang membahas bisnis yang ada hubungannya dengan barang yang anda jual, ataupun grup yang membahas review segala produk.

c.Iklan di Media Elektronik
Jika anda memang memiliki dana khusus yang cukup untuk promosi, tidak ada salahnya untuk mempromosikan toko online anda melalui iklan di media elektronik seperti, televisi atau radio, karena memang cara ini cukup efektif untuk membangun reputasi toko online anda, tapi memang kelemahan dari promosi jenis ini adalah biayanya yang cukup lumayan mahal.

d.Pelajari Seo

Hingga saat ini mesin pencari masih menjadi sumber pengunjung terbesar suatu situs, beberapa mesin pencari yang terkenal adalah Google, Yahoo, dan Bing, agar anda bisa mendapatkan banyak pengunjung dari mesin pencari tentu situs anda harus mudah ditemukan di mesin pencari, dan seo adalah jawabannya. Semakin baik optimasinya maka toko online anda pun akan semakin banyak pengunjungnya.

Jika punya cukup modal anda juga bisa memanfaatkan jasa seo untuk mengoptimasi toko online anda, lagi-lagi biaya yang anda perlukan untuk mendapatkan jasa seo ini.

e.Membuat Affiliate Marketing
Affiliate marketing menawarkan kepada siapapun untuk turut memasarkan produk kita dengan sistem pembagian komisi, ini bisa menjadi alternatif untuk anda, caranya cukup dengan mengajak orang untuk ikut memasarkan produk yang anda jual, jika mereka berhasil melakukan penjualan produk anda maka mereka akan diberi komisi sesuai dengan yang sudah disepakati sejak awal. Teknik ini cukup populer dikalangan toko online yang sudah besar seperti Amazon.

6.Cara Belanja yang Singkat

Biasanya toko online akan mewajibkan konsumen untuk melakukan pendaftaran sebelum mulai berbelanja di toko mereka, dan data yang konsumen masukan bisa mereka gunakan kembali ketika mereka kembali berbelanja di toko tersebut. Sebaiknya sajikan cara pendaftaran yang singkat, anda juga bisa mengintegrasikan dengan media sosial, karena sekarang sudah hampir semua orang memiliki akun sosial media, jangan lupa juga untuk menyediakan form isian yang lengkap dan singkat jelas juga padat yang bisa mewakili alamat penerima barang. Semakin baik anda membuat navigasi di toko online anda itu semakin baik.

Demikianlah artikel Memahami Kunci Sukses Bisnis Online yang semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda.
0 Komentar untuk "Memahami Kunci Sukses Bisnis Online"

Mohon untuk Selalu Berkomentar dengan Sopan dan Saling Menghargai

Back To Top