Membahas Adense dan Bisnis Online

Mengenal dan Memahami istilah dalam Google Adsense

Mengenal dan Memahami istilah dalam Google Adsense - Ketika kita menjadi publisher Adsense kita akan mulai mengenal beberapa istilah yang sering kita temui ketika kita memantau penghsilan Adsense kita. Beberapa istilah tersebut diantaranya adalah, Page Imperssion, CPC, CTR, CPM dan eCPM, sebenarnya informasi tersebut merupakan analisa yang diberikan oleh Google AdSene untuk para publishernya, yang menyangkut dengan data penghasilan Adsense yang mereka peroleh. 
Mengenal dan Memahami istilah dalam Google Adsense
1.Page View
Page view atau yang disebut juga page impression atau dalam bahasa kita bisa terjemahkan dengan "Tampilnya halaman", adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung iklan kode iklan Adsense ditampilkan oleh pengunjung blog kita atau situs, nilainya tidak dipengaruhi oleh berapa jumlah iklan yang kita pasang pada halaman tersebut, misalkan kode iklan yang kita pasang pada halaman adalah 3 unit, kemudian halaman tersebut dibuka sebanyak lima kali oleh pengunjung blog, maka nilai page impressionnya adalah 5.

Istilah impression juga dikenal di webmaster tool, bedanya jika di Google Adsense impression adalah jumlah halaman yang mengandung unit iklan Google Adsense yang tampil, sedangkan di Google webmaster tool istilah impression berkaitan dengan jumlah halaman yang ditemukan oleh mesin pencari berdasarkan kriteria kata kunci pencarian. Semakin banyak impression maka itu artinya blog dan halaman kita mudah ditemukan oleh mesin pencari.

2.Click
klik disini mengandung arti akumulasi jumlah klik yang diperoleh oleh setiap unit iklan yang kita pasang.

3.CPC (Cost Per Click)
CPC merupakan istilah yang paling sering kita dengar dalam Google Adsense, CPC adalah biaya yang ditawarkan oleh pemasang iklan atau advertiser untuk tiap klik iklannya, setiap kali iklan yang kita pasang mendapatkan klik valid dari pengunjung maka kita anda mendapatkan bayaran sesuai dengan nilai cpc iklan tersebut. Semakin besar nilai cpc maka akan semakin besar pula peluang kita untuk mendapatkan dolar dari iklan tersebut.

Banyak faktor yang mempengaruhi nilai Cpc setiap iklan Adsense, yang diantaranya adalah jumlah unit iklan yang terpasang pada halaman, jenis iklan, sumber pengunjung dan lain sebagainya. Untuk lebih memaksimalkan nilai cpc anda bisa baca artikel ini: Cara Menigkatkan Penghasilan Google Adsense

Google tidak memberikan informasi tentang nilai cpc iklan adsensenya, nilai cpc hanya diketahui oleh Google dan advertisernya saja, namun sekarang sudah tersedia tool untuk memprediksi berapa nilai cpc, nilai cpc berbeda untuk setiap jenis iklannya tergantung dari kata kuncinya, salah satu tool yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan kata kunci dengan nilai cpc yang tinggi atau yang lebih dikenal dengan hight paying keyword adalah SEMRush.

4.CTR (Click Through Rate)
CTR adalah nilai perbandingan dalam bentuk persentase yang dihitung berdasarkan perbandingan anda jumlah klik dan jumlah unit iklan bersangkutan tampil, jika iklannya tampil sebanyak 1000 kali tayang, dan iklan tersebut mendapatkan klik sebanyak 15 kali maka nilai CTR nya bisa kita hitung dengan cara berikut (15/1000x100%)= 1,5%, jadi jika iklannya tampil sebanyak seribu kali dan mendapatkan klik sebanyak 15 kali maka nilai CTR nya adalah 1,5%.

Nilai CTR ini secara tidak langsung memberikan kita informasi tentang, prilaku normal klik terhadap suatu unit iklan, dan CTR bisa dijadikan referensi untuk Google maupun anda sebagai publisher untuk memantau prilaku klik normal pada unit iklan yang bersangkutan, nilai normal CTR adalah 0% sampai 5%, atau bisa juga lebih dari itu tergantung dari jumlah klik pada iklan tersebut, namun jika nilai CTR melebihi angka 100% berarti itu tanda bahwa adanya tindakan yang tidak normal, kasus tersebut bisa terjadi karena adanya bom klik, klik yang terjadi secara berulang ulang dalam waktu yang singkat kepada iklan yang sama.

Kita patut waspada jika pada akun Adsense kita mendapatkan informasi nilai CTR yang tinggi atau lebih dari 100%, jika terindikasi adanya tindakan kecurangan atau bom klik maka resikonya adalah akun Adsense kita akan dibanned oleh Google. CTR diatas 100% bisa terjadi jika jumlah klik melebihi jumlah iklan tayang.

5.RPM (Rvenue Per Thoushand Impression)
RPM  adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan $200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar $4 (nilai tersebut didapat dari perhitungan jumlah penghasilan /(impressi/1000)]= (200/(50.000/1000)=200/50=4.

6.Estimated Earnig
Estimated earning adalah jumlah perkiraan penghasilan yang akan kita peroleh dari iklan Adsense yang kita pasang, nilai Estimated earnig didapat dari hasil perkalian antara jumlah klik dengan cpc, semakin besar nilai cpc maka akan semakin besar pula jumlah estmated earnig yang akan kita peroleh, dan juga semakin banyak jumlah klik iklan maka akan semakin besar pula pendapatan kita.

Demikian, informasi yang bisa saya bagikan kali ini semoga bisa bermanfaat bagi anda dan membuat anda memahami Apa itu Page Impression, CPC, CTR dan istilah-istilah Adsense lainnya yang telah saya jelaskan diatas. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.
Tag : Adsense
0 Komentar untuk "Mengenal dan Memahami istilah dalam Google Adsense"

Mohon untuk Selalu Berkomentar dengan Sopan dan Saling Menghargai

Back To Top